LKMM TM VI FMIPA ITS 2013

5 hari kebersamaan dengan kawan-kawan KSATRIA

Setiap Forkom (forum komunikasi) memiliki sebuah nama forkom.  LKMM TM VI FMIPA kali ini memiliki nama forkom KSATRIA (Kesatuan Pemuda Sains untuk Indonesia Raya). Makna KSATRIA sendiri? silahkan cari tahu sendiri lah/.

LKMM TM VI FMIPA kai ini mulai dilaksanakan hari Rabu-Minggu 13-17 Maret 2013. lama banget, tapi kerasa cepet kalo udah dilaksanakan.


Rabu 13 Mei 2013,
Diawali dengan kumpul di plasa dr. Angka untuk berangkat bareng2, tapi sebelumnya masih harus cek perlengkapan yang dibawa dulu. 
Apel pagi sebelum pemberangkatan pun dimulai, saat itu pemandu TM ang hadir yakni Mas Sony dan Mbak Fatma. Dan yang memimpin Apel itu Mas Sony.
Apel usai, langsung bergegas menaiki kendaraan menuju tempat pelatihan. Kendaraan yang mengangkut kami pun sangat istimewa, dua buah Angkutan Kota warna Biru. Bukan bermaksud melecehkan angkutan atau apa, justru itu merupakan sebuah pengalaman baru karena naik angkutan ramai-ramai  ber 25 orang, (nggak sampai 25 juga se, ) Berangkat mengenakan pakaian standar pelatihan + almamater kebanggaan, naik angkutan biru, sesuatu banget rasanya, maching banget rasanya. hahahaha
Perjalanan tak terlalu lama karena jalanan tak terlalu macet, walaupun ada nyasar dikit yg dialami oleh angkutan yang nganggkut peserta wanita (maklum kita dipisah bung)
Sampai di lokasi pelatihan ( Dinas Pendidikan Kota Surabaya) yang ada di kawasan Jagir. Langsung menuju ke kamar yang berada di lantai II , kemudian meletakkan barang2 dan langsung persiapan ke lantai III buat memulai pelatihan. 
Dan Ruang Pelatihan yang naman menyambut kedatangan para KSATRIA FMIPA.
Pembukaan, analisis tema,
Analisis tema (Materi I) disampaikan oleh Mas Agus, selaku Koordiantor Pemandu LKMM TM FMIPA.
Mas Agus, Sekum (Wakahima) HIMATEKPAL 2011/2012, juga merupakan Mahasiswa Berprestasi di FTK, suangarr kan Korpemku. Sebuah kebanggaan bisa mengenal beliau.
Tema TM FMIPA :
"ILMUWAN FMIPA UNTUK NEGERI"
Ilmuwan yg berdedikasi, Ilmuwan yang berkomitmen, Ilmuwan yg Inisiatif, Ilmuwan yg berwawasan, Ilmuwan yg melayani. (silahkan dicari arti dan maksud nya sendiri yah, hehe)
Setelah Bedah tema , ada materi dari Presbem ITS mas Zaid, Dari , Untuk, Oleh KM ITS. (Materi II) dijelaskan ttg isi dari Mubes IV, dll. ada sedikit kejadian saat mas Zaid menyampaikan materi, yah, Listriknya Mati, otomatis kebingungan, tapi dengan cepat bisa teratasi dengan tiap meja memakai laptop untuk melihat materi. :)
Materi III (Etika Diskusi Ilmiah) , dipandu oleh Mas Agus (again) , kaget juga masak harus dipandu dengan orag yg sama di hari sama, tapi ya sudah diterima saja..
Materi IV (Hakekat Organisasi), dipandu sama mas Riza . masih terlalu bingung dengan materi yg disampaiakn, tapi alhamdulillah, di kemudian hari, ngechat mas riza buat nanyain materi yang belum jelas itu, hehaheh
Materi V (Pola Kebijakan Bidang kemahasiswaan) disampaikan oleh Pak Bambang Sampurno , sedikit agak ngantuk, tapi ketika lihat Name Table kembali semangat lagi, karena materinya sangat bagus untuk nambah wawasan.
materi berakhir dan dilanjut dengan pemutaran video + prepare gerakan.
FMIPA Sayang sampah.
Kamis 14 Mei 2013
Pagi hari diawali dengan solat shubuh, kemudian olahraga pagi.  Abis itu langsung bersih diri dan langsung capcus ke pelatihan lagi. 
Materi VI (Tujuan, Visi, Misi) dipandu sama mas Aji ma mas Gunadhi.  Baru tahu bagaimana kaliamat / kata yang benar untuk digunakan TVM. hehehe.
Materi VII (Departementalisasi dan Staffing) , dipandu sama Mbak Sita dan Mbak Gesty,.Terjadi perdebatan yg seru kala membahasa departementalisasi yg dipandu sama mbak gesty, banyak peserta yang masih kurang paham dg Bagan Organisasi, dan perbedaan dr masing2 bagan, tapi alhamdulillah, diskusi itu kelar juga. hahah
Materi VIII (Leadership Philoshopy) disampaiakn samaPak Budi Pangestu . Banyak hal yang diper;oleh dari pemaparan beliau ttg kepemimpinan. tapi banyak peserta yang ngantuk.. kurang tidur sepertinya, hehehe
 Materi IX (KMO) , kopi-kopi susu-susu, hahahah. selalu ingat kata2 itu ketika dengar KMO. bukan karena materinya tapi karena pemandunya, Mas Sani, sering banget ngeerjain peserta, tapi setidaknya bisa membuat peserta Fokus. hahahah.
materi X (TPD) dipandu sama mbak Fatma dan Mas Deno', semangat mengikuti materinya, karena disini Statistiknya muncul banget, haha, bahas kuesioner, pengumpulan data, sampling, dll. Stratifikasi, SAS, materi yg baru tak dapat di semester ini, tak dapat di TM juga, ehhe.. Di awal materi juga nyanyiin lagu Bangun Pemuda.
Malem hari, Evaluasi, konspe gerakan + video (again)

Jumat 15 Maret 2013,
Pesertanya bangunnya kesiangann,,,, hahahahahhaha...
dapat evaluasi dari pemandu, tapi yah gimana lagi, emang gak bisa bangun, hehehe...
Materi XI (AKO), dipandu sama mas Hanif, mulai pagi hingga Solat Jumat, tapi masih lanjut lagi setelah solat jumat,
Materi XII (Study Comparation) , bersama mas rifan (Ketua DPM UI), sama Mbak Anisa (Ketua UKM Prisma UB), banyak hal yang saya dapatkan dan bisa diterapkan di HIMASTA-ITS, :)
Materi XIII (RPO) dipandu sama Mas Rizal dan Mas Sam, Mas Rizal dulu juga mandu aku waktu TD , mas Rizal semangat banget waktu mandu , kalo kata Bella sama veda Totalitas Banget. hahaahah
Mas Sam juga semangat koq hehe
Materi XIV (Wakabang) kedatangan Bu Pratwi, Astronot Perempuan pertama Indonesia, semakin semangat dan terinspirasi. :D

Sabtu 16 Maret
Kunjungan Lapangan , Ramah Tamah,
(sedang tidak ingin share ttg Hari Sabtu ini,) hehehe..

Minggu 17 Maret
Games Games.. Presentasi,  dan Pulang.. heheh


































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

perdana

hikmah