Tulisan di Koran Surya

Mendulang Uang dari Sisa-sisa Makanan

Jumat, 18 Mei 2012 21:09 WIB | Dibaca: 1235 | Editor: suradmin
aulia_achmad1.jpg
DOKUMENTASI SURYA
Aulia Ahmad

(Mahasiswa Statistika ITS  - aul.ahmad@gmail.com)
Oleh : Aulia Ahmad 

Sebuah tanda tanya besar memang, tapi itu tak berlaku bagi mahasiswa ITS. Berawal dari PKMM ITS yang mendapat dana hibah Dikti pada Program Kreativitas Mahasiswa 2012, untuk meningkatkan kualitas sumber daya petani. Maka, tim yang dikomandani Whilda dan didukung Lily, Surya, Aul, Ida, dan dibimbing dosen M Syahid Akbar turun ke Kelurahan Tambakwedi, RT1/RW1, Kenjeran.


Di sana, mereka membantu warga yang mayoritas mengandalkan hidup sebagai nelayan dengan pembuatan pakan ikan dengan bantuan fisher's module (fishmod) berbasis self recycling methods. Fishmod ini merupakan modul buatan tim PKMM ITS mengenai pembuatan pakan dari sisa-sisa makanan dan barang-barang yang masih memiliki zat gizi yang berlimpah di sekeliling mereka. Seperti nasi basi, ikan-ikan kecil yang terjaring nelayan, ampas tahu, sayur-sayuran, kulit kerang, dan lain lainnya. Sehingga petambak bisa melakukan proses pembuatan pakan ikan secara mandiri. 

Di luar dugaan, masyarakat sangat antusias terhadap program pelatihan ini. Hal itu terlihat dari kehadiran mereka saat mengikuti forum diskusi yang dilakukan tim. Mereka aktif terlibat dan bersemangat saat mencampurkan semua bahan-bahan yang telah tersedia. Mereka mengaduk bahan silih berganti. Walau saat awal mereka sempat kebingungan, namun berkat fishmod kebingungan mereka segera teratasi. “Akhirnya bisa juga, walau sedikit bingung tadi, tapi berkat fishmod kebingungan saya hilang dan akhirnya selesai juga pembuatannya. Saya akan membuat pakan ini untuk ke depannya," janji Ali, salah satu peserta pelatihan. 

Program tersebut tak berhenti pada pelatihan saat itu saja. Setelah pembuatan pakan untuk keduakalinya, masyarakat yang dilatih akan melatih masyarakat lainnya, sehingga akan terbentuk multi level learning dan nantinya akan dibentuk kelompok usaha tani (sejenis koperasi) yang akan mewadahi petambak untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan dalam pembuatan pakan. "Semoga program ini bisa membantu masyarakat untuk bisa memperbaiki kehidupan mereka selanjutnya,” harap Whilda.

tulisan di atas merupakan sebuah tulisan tentang Pengabdian Masyarakat yang kutulis dan berhasil dimuat di Koran Surya, 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Peranan Statistika di Bidang bisnis, Industri, dan Komputasi

LKMM TM VI FMIPA ITS 2013

Integralistik Festival (INTERVAL) 2012