Eps 6 - Kisah Orang Soleh

Kali ini mengisahkan Sahabat Abdullah bin Umar bin Khatab. Sepanjang hidupnya berusaha meniru perbuatan Rasul. Bahkan dikisahkan, bagaimana beliau mengikuti rute rasul Umroh dari Madinah ke Mekkah. Beliau juga mengikuti puasa sunnah Senin dan Kamis yang dilakukan oleh Rasulullah. 
Abdullah bin Umar dididik zuhud oleh Umar bin Khatab. Bahkan dikisahkan, ketika beliau membeli daging, beliau ditanyain oleh Umar bin Khatab sang Ayahanda yg juga seorang Khalifah saat itu. Kamu beli daging di pasar? Kamu anak khalifah. Tidak semua rakyat makan daging. Kenapa kamu beli daging. Kurang lebih seperti itu. 
Lain kisah, ketika Umar bin Khatab naik mimbar, ada seorang sahabat yg menanyakan perihal pakaian Umar yang besar. Berbeda dg jatah yg diterima oleh lainnya. Seketika Umar meminta Abdullah bin Umar berdiri. Abdullah bin umar menjelaskan kenapa pakaian Umar itu besar, karena kainnya ditambah oleh kain milik Abdullah. 
Abdullah dibina oleh Umar menjadi Ahli Ibadah. Abdullah bin Umar bin Khatab juga menjadi tolok ukur laki-laki. Rasul pernah menyampaikan dalam sebuah majlis, bahwa Sebaik-baik laki-laki adalah Abdullah bin Umar ketika dia solat malam. Sejak saat itu Abdullah bin umar tidak pernah meninggalkan solat malam. Beliau tidak pernah meninggalkan solat di musim dingin dan puasa di musim panas. Abdullah bin Umar seorang Mufthi di saat muda dan juga menjadi penasihat Utsman bin Affan. 
Lebih detailnya bisa melihat di Kisah Orang Saleh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKMM TM VI FMIPA ITS 2013

perdana

hikmah