Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillah, sudah memasuki Bulan Ramadhan. Bulan puasa kali ini, Allah memberi ujian kepada umatnya berupa Pandemic Covid-19. Aktivitas ibadah pun tidak seleluasa romadhon sebelumnya. Tapi, kita harus tetap bersyukur, karena masih dipertemukan dengan Bulan Romadhon. :)

Di malam pertama ramadhan 1441 H ini, aku memutuskan untuk melakukan solat sunnah tarawih di kosan. Alhamdulillah masih ada teman kos, jadi masih bisa melaksanakan solat wajib + tarawih dan wittir secara berjamaah dan di awal waktu. Kita memutuskan untuk solat berjamaah di kosan, sejak pemerintah provinsi menetapkan PSBB. Kita menjadi imam secara bergantian, siapa yg dateng terakhir di tempat solat (kebetulan kamar tengah sedang kosong, jadi kita fungsikan sebagai tempat solat berjamaah) dialah yg jadi Imam solat. Saat solat asar tadi, kita udah sepakat untuk tetap solat isya dan tarawih berjamaah di kosan. Saat solat Isya, ternyata aku yang jadi Imam. Sebenarnya sih biasa aja, tapi setelah solat sunnah ba'diyah, kita diskusi lah siapa yang jadi imam solat tarawihnya. Kebetulan kita memilih solat tarawih 20 rokaat + solat witir 3 rokaat. Aku mengusulkan supaya kita gantian, 10 rokaat pertama aku yg jadi imam, 10 rokaat berikutnya temen kosku yg jadi imam. Ternyata usulanku tidak diterima. Hehe. Jadilah aku yg jadi imam. Ya gak apa sih. Hehe. Tapi, kalau diinget2, terakhir kali jadi imam solat tarawih tuh saat masih kuliah di sby, dan itu pun nggak sampek 20 rokaat juga. Hehe. Karena tadi aku ngusulin 10 rokaat salam pertama aku yg jadi imam, aku udah nginget2 dong urutan surat pendek yang harus dibaca. Alhamdulillahnya surat2 pendek dan sebagian surat2 panjang di Juz 30 hafal, jadi sebenernya aman kalau jadi imam. Nah, setelah solat maghrib tadi, aku iseng lah browsing, surat2 pendek apa aja yg dibaca di solat tarawih. Jadi untuk rokaat pertama, yang dibaca adalah Surat At-Takatsur sampai dengan Surat Al - Lahab. Dan rokaat kedua membaca surat Al-Ikhlas. Salam pertama dan kedua berjalan lancar. Saat solat untuk salam ketiga kalau sesuai urutam harusnya aku membaca surat al-humazah di rokaat pertama, ternyata aku membaca , Ternyata eh ternyata yang kubaca adalah surat al-fiil, sebenarnya tidak masalah. Membaca sesuai urutan sepertimya memang untuk memudahkan dalam mengingat sudah berapa kali salam dalam solat tarawih. Ternyata eh ternyata, makin kebelakang aku lupa urutan suratnya. Sebuah pengalaman baru buatku, tapi mampu dijadikan pembelajaran. Kalau ndak sekarang, kapan lagi kan belajar jadi imam solat taraweh. Ya gak??

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKMM TM VI FMIPA ITS 2013

perdana

hikmah