Minggu, 30 September 2012

Peranan Statistika di Bidang bisnis, Industri, dan Komputasi


Statistika merupakan sekumpulan ilmu yang mempelajari tentang tata cara merancang, mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis (menarik kesimpulan) dari sekumpulan data. Penggunaan istilah statistika berasal dari istilah istilah dalam bahasa latin modern statisticum collegium ("dewan negara") dan bahasa Italia statista ("negarawan" atau "politikus"). Saat ini banyak orang menganggap bahwasanya statistik dan statistika itu sama. Padahal dalam pengertiannya kedua kata tersebut berbeda. Dimana statistik merupakan kumpulan   informasi   atau  keterangan  yang  berupa  angka-angka yang disusun, ditabulasi, dan dikelompok-kelompokkan  sehingga  dapat  memberikan  informasi  yang  berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Sementara statistika adalah ilmu yang mepelajari tentang statistic.
Statistika memiliki banyak peranan dalam kehidupan sehari- hari. Mulai dari pemerintahan, kesehatan, penelitian, ekonomi sehingga lulusan statistika tentunya memilik peluang kerja yang sangat besar. Hal ini dikarenakan karena banyaknya keterampilan yang dapat dikuasai oleh lulusan statistika seperti mengolah data, menghitung data, menganalisis data, membuat grafik, mengukur dan menghitung probabilitas data, dan masih banyak lainnya.
Aplikasi ilmu statistika di bidang bisnis bisa dilihat  yakni saat membuat produk baru. Seorang statistician diharuskan bisa bereksperimen dalam mendesain produk, kemudian didiskusikan dalam suatu kelompok kerja, kemudian dilanjutkan dengan melakukan survei pada sampel dari suatu populasi, kemudian dilakukan tes pemasaran untuk mengetahui apakah produk baru tersebut layak untuk diperjualbelikan dan bisa bertahan lama atau tidak.
Kemudian aplikasi ilmu statistika di bidang industri, melalui pembuatan suatu produk, mengetahui suatu permasalahan, meminimalisir terjadinya suatu kesalahan, dan memprediksi  ketahanan produk dalam alat elektronik, alat-alat kimia, dan industry lainnya.
Kemudian aplikasi ilmu statistika di bidang komputasi yakni dengan melalui mendesain dan mengembangkan suatu software, kemudian melakukan percobaan untuk mengetahui kualitas dari suatu software, dll.
Untuk bisa menjadi seorang statistician haruslah sudah menguasai ketiga bidang aplikasi statistika di atas yakni melalui pendidikan yang ditempuh, baik dari tingkat sekolah amupun tingkat perguruan tinggi. Selain melalui pendidikan, juga melalui peningkatan softskill , baik itu secara quantitative skills berupa pengetahuan tentang matematika, statistika, secara problem solving skills melalui cara menganailisis suatu permasalahan dan kerja sama yang baik, secara communication skills baik itu secara lisan maupun secara tulisan, dan secara computer programming languanges.

Sabtu, 08 September 2012

Integralistik Festival (INTERVAL) 2012

nggak sengaja nemu ini..
Lilin Logo ITS Hiasi Interval 2012
28 Mei 2012 13:34:32
Generasi Integralistik (Gerigi) tidak bisa dikatakan sebelum Kegiatan Pasca Pelatihan (KPP) tuntas. Seluruh alumni gerigi wajib melaksanakan tugas tersebut. Akhirnya, euforia integralistik kembali menggema setelah terlaksananya tugas KPP terakhir, yakni Integralistik Festival (Interval) Malam Keakraban KM ITS 2012, Minggu (27/5).
Taman Alumni, ITS Online - Di bawah langit yang bertabur bintang, riuh teriakan mahasiswa mewarnai acara yang bertajuk simple action for great effect tersebut. Bagaimana tidak, kegiatan ini merupakan salah satu wadah kebersamaan yang merangkul seluruh Keluarga Mahasiswa ITS.

Terbukti dari antusiasme mahasiswa yang sibuk bercengkrama meski berasal dari jurusan yang berbeda. Seperti maskot Interval yang mengisyaratkan pesan bahwa saat ini nama yang dijadikan pegangan adalah almamater ITS, bukan lagi jurusan.

Pukulan gong menandai dimulainya Interval. Beberapa suguhan dikemas menarik hingga menjadi penampilan yang komplit. Antara lain perkusi, Paduan Suara Mahasiswa (PSM), puisi, teatrikal, flash mop dan berbagai penampilan menarik lainnya. Tak hanya itu, stan makanan gratis pun turut meramaikan Interval.

Di awal acara, sempat disuguhkan pasukan baris-berbaris yang membawa plakat masing-masing jurusan. Mereka berlari dengan diringi musik menggelegar seolah mendeklarasikan tidak adanya lagi arogansi jurusan. Didampingi Presiden BEM ITS, Imron Gozali, lagu Indonesia Raya dikumandangkan sebagai bukti semangat nasionalisme mahasiswa ITS.

Puncaknya yaitu adanya prosesi membentuk pola logo ITS. Seluruh pengunjung Interval berbaris membentuk pola logo ITS dengan membawa sebuah lilin. Ketika lampu dimatikan, sontak membuat bulu kuduk merinding bagi siapa saja yang menyaksikan.

Hingga acara usai, sangat terasa kehangatan keluarga mahasiswa ITS. ''Harapan besar ada dipundak kita kawan, bersama, bersinergi, jaya almamaterku,'' Seru Bagus selaku Ketua Pelaksana Interval. (lik/fz)

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=10443

Sabtu, 01 September 2012

New Semester..


Alhamdulillah sudah memasuki bulan September 2012.
Di Bulan September 2012 ini, perkuliahan akan dimulai. Mulai berkutat dengan buku, open content, tugas, asistensi, dll. Sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh setiap mahasiswa, termasuk juga diriku.
Mulai contact temen2 dan kakak senior untuk pinjem buku pegangan untuk matakuliah matakuliah di semester 3 ini. Mulai beli buku tulis juga.  dan yang penting juga Persiapkan MENTAl FISIK MANGEMEN WAKTU untuk menjalani semester 3 ini.
Bissmillah, semoga targetanku di Semester 3 ini tercapai AMIIN..