Peranan Statistika di Bidang bisnis, Industri, dan Komputasi


Statistika merupakan sekumpulan ilmu yang mempelajari tentang tata cara merancang, mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis (menarik kesimpulan) dari sekumpulan data. Penggunaan istilah statistika berasal dari istilah istilah dalam bahasa latin modern statisticum collegium ("dewan negara") dan bahasa Italia statista ("negarawan" atau "politikus"). Saat ini banyak orang menganggap bahwasanya statistik dan statistika itu sama. Padahal dalam pengertiannya kedua kata tersebut berbeda. Dimana statistik merupakan kumpulan   informasi   atau  keterangan  yang  berupa  angka-angka yang disusun, ditabulasi, dan dikelompok-kelompokkan  sehingga  dapat  memberikan  informasi  yang  berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Sementara statistika adalah ilmu yang mepelajari tentang statistic.
Statistika memiliki banyak peranan dalam kehidupan sehari- hari. Mulai dari pemerintahan, kesehatan, penelitian, ekonomi sehingga lulusan statistika tentunya memilik peluang kerja yang sangat besar. Hal ini dikarenakan karena banyaknya keterampilan yang dapat dikuasai oleh lulusan statistika seperti mengolah data, menghitung data, menganalisis data, membuat grafik, mengukur dan menghitung probabilitas data, dan masih banyak lainnya.
Aplikasi ilmu statistika di bidang bisnis bisa dilihat  yakni saat membuat produk baru. Seorang statistician diharuskan bisa bereksperimen dalam mendesain produk, kemudian didiskusikan dalam suatu kelompok kerja, kemudian dilanjutkan dengan melakukan survei pada sampel dari suatu populasi, kemudian dilakukan tes pemasaran untuk mengetahui apakah produk baru tersebut layak untuk diperjualbelikan dan bisa bertahan lama atau tidak.
Kemudian aplikasi ilmu statistika di bidang industri, melalui pembuatan suatu produk, mengetahui suatu permasalahan, meminimalisir terjadinya suatu kesalahan, dan memprediksi  ketahanan produk dalam alat elektronik, alat-alat kimia, dan industry lainnya.
Kemudian aplikasi ilmu statistika di bidang komputasi yakni dengan melalui mendesain dan mengembangkan suatu software, kemudian melakukan percobaan untuk mengetahui kualitas dari suatu software, dll.
Untuk bisa menjadi seorang statistician haruslah sudah menguasai ketiga bidang aplikasi statistika di atas yakni melalui pendidikan yang ditempuh, baik dari tingkat sekolah amupun tingkat perguruan tinggi. Selain melalui pendidikan, juga melalui peningkatan softskill , baik itu secara quantitative skills berupa pengetahuan tentang matematika, statistika, secara problem solving skills melalui cara menganailisis suatu permasalahan dan kerja sama yang baik, secara communication skills baik itu secara lisan maupun secara tulisan, dan secara computer programming languanges.

*Tulisan ini dibuat saat mahasiswa baru, dan menjadi tugas BCS 2011. 

Komentar

Pos populer dari blog ini

LKMM TM VI FMIPA ITS 2013

Integralistik Festival (INTERVAL) 2012